Who's Online

Kami memiliki 94 Tamu online

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini43
mod_vvisit_counterKemarin47
mod_vvisit_counterMinggu Ini124
mod_vvisit_counterBulan Ini821
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung284347

Iklan Baris Baru

Customer Service

Waktu Saat Ini

Ulti Clocks content

Translate

Comments Lattes

  • I have checked your website and i've found some du...
  • I have noticed you don't monetize your blog, don't...
  • If some one needs expert view regarding blogging t...
  •  ¿De hecho no os ha parecido uun Flipante juegbo ...
  • Greetings I am so thrilled I found your site, I re...

Facebook Share

Share on facebook
Artikel Lain...

PERAN PERGURUAN TINGGI SWASTA

DALAM MENYIAPKAN SDM UNGGUL BERKARAKTER [1]

Dr. Jumanta, M.Pd., M.Si.[2]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

Sebagai insan yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanawata’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa, sudah sepantasnya kita bersama-sama mengucapkan Syukur Alhamdulillah kehadirat Illahi Robbi, karena dengan perkenan-Nya kita semua dapat hadir dalam keadaan sehat wal afiat pada acara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana STIA Yappann. Kepada para peserta wisuda dan keluarga yang menyertai, saya atas nama pribadi mengucapkan SELAMAT, saya turut berbahagia dan bangga atas prestasi yang telah diraih. 
Ada baiknya Anda juga memberikan ucapan selamat kepada diri sendiri dengan kebanggaan, karena pada akhirnya keberhasilan ini tidak ditentukan oleh siapa pun kecuali Anda sendiri.

Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengucapkan selamat kepada segenap civitas akademika STIA Yappann yang telah berhasil menghasilkan sarjana dan magister baru yang akan menambah modal bagi bangsa Indonesia dalam membangun masa depan yang lebih baik. Semoga STIA Yappann dapat terus meningkatkan kualitas perannya dalam mengemban amanah Tridharma Perguruan Tinggi; mencetak manusia-manusia Indonesia yang berilmu, berintegritas tinggi, dan berwawasan luas; melakukan penelitian yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat; dan melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia dikaruniai dengan minat dan bakat,tetapi hal itu menjadi mubadzir ketika minat dan bakat itu tidak terbina dengan baik dan tersalur sesuai dengan yang diharapkan. Tidak seperti Ilmu Pengetahuan yang setiap orang bisa mempelajari apabila mau maka bakat/talent tidak bisa dipelajari oleh setiap orang apabila tidak mempunyai talenta dalam suatu bidang. Di SMK Putra Bangsa Bontang harus Jujur Kita akui bahwa tidak semua siswa mampu menguasai bidang-bidang yang diajarkan di kelas padahal sebenarnya itulah yang seharusnya dijadikan bekal untuk mereka tentunya hal ini disebabkan oleh banyak Faktor, bisa jadi faktor interest, waktu belajar maupun gangguan-gangguan ketika mereka mau belajar sehingga kemampuan mereka terhadap bidang-bidang yang diajarkan dikelas menjadi tidak maksimal. 

Karena hal tersebut maka sekolah merasa berkewajiban menyediakan sebuah wadah khusus bagi pengembangan minat dan bakat siswa pada bidang-bidang yang mereka sukai sehingga merekaisamengasah minat dan bakat mereka.
Anak-anak usia dini hidup dalam dunia bermain. Meskipun demikian,tak ada salahnya jika orang tua memiliki rancangan bahan atau materi untuk mengisi hari-hari mereka. Hal yang pasti, kurikulum untuk anak usia dini haruslah sangat fleksibel, sesuai dengan kemampuan dan minat anak.

Kelas-kelas pra-sekolah seperti Play Group (PG) atau Taman Kanak-Kanak (TK) pasti memiliki kurikulum dan target-target, namun karena tuntutan aturan formal, mau tidak mau guru akan menilai perkembangan anak secara kasar, berdasarkan akumulasi kemampuan yang dikuasai anak selama kurun waktu tertentu. Jelas penilaian itu tidak valid, karena ketika guru memasuki kurikulum mewarnai misalnya, beberapa anak mungkin belum siap dengan fase itu. Mereka mungkin menolak untuk melakukannya atau hanya membubuhkan satu coretan pendek di kertasnya, karena dia memang belum berminat.

Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan. Tak peduli apakah anak-anak masuk TK ataupun tidak, tugas orang tua-lah untuk memahami anak-anaknya dengan baik, sehingga tahu kapan harus memperkenalkan sebuah keterampilan, kapan harus menundanya, kapan harus memacunya lebih kencang, dan bagaimana membuat anak menjadi tertarik untuk mempelajari sesuatu tanpa harus dipaksa oleh waktu dan penilaian pihak lain.
Di dalam kehidupan keluarga, masyarakat dan negara sangat diperlukan ilmu pendidikan terutama ilmu pendidikan Islam. Ilmu ini sangat penting untuk bimbingan atau panutan pendidik kepada anak didiknya agar tumbuh secara wajar dan kepribadian muslim.

Berdasarkan penegasan di atas maka pendidikan Islam perlu mendapat perhatian dari semua pihak terutama dalam hal manajemen pendidikannnya. Pendidikan yang baik menjadi tolak ukur suatu Negara dalam kemajuannya terutama dalam Islam. Manajemen dalam Islam ini diperlukan untuk mencapai tujuan bersama dan meningkatkan kualitas umat dari keterbelakangan materi, moral dan spiritual.
Adapun manajemen di dalam pendidikan Islam merupakan sistem pengelolaan sumber daya pendidikan yaitu tenaga pendidik, peserta didik, kurikulum, lembaga, sarana dan prasarana pendidikan, dana dan lingkungan. Oleh karena itu, di dalam makalah ini kami hanya mengambil salah satu manajemen dari sumber daya pendidikan yang telah disebutkan sebelumnya yaitu sistem manajemen peserta didik di dalam pendidikan Islam.

Untuk lebih lengkap makalahnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!
Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen, Dalam dunia pendidikan di indonesia, bidang studi administrasi pendidikan boleh dikatakan masih baru. Di negara-negara yang sudah maju, mulai berkembang dengan pesat sejak pertengahan pertama abad ke-20, terutama sejak berakhirnya dunia kedua, khususnya di negara kita indonesia, administrasi pendidikan baru di pekenalkan melalui beberapa ikip sejak tahun 1960-an dan baru masuk sebagai mata pelajaran dan mata ujian di sga/spg sejak tahun ajaran 1965/1966.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para pendidik sendiri bayak yang belum dapat memahami berapa perlu dan pentingnya administrasi pendidikan itu dalam penyelengaraan dan pengembangan pendidikan itu sendiri sebagai ilmu terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan pendidikan di negara masing-masing.